Home » » Langit Kresna Hariadi ( Gajah Mada )

Langit Kresna Hariadi ( Gajah Mada )

Written By satriamandala on Selasa, 28 Februari 2012 | 15.28

Gajah Mada 1
Setting pada novel ini adalah pemerintahan Jayanegara yang dikudeta oleh Ra Kuti. Ra Kuti adalah sebutan/singkatan dari Rakrian Kuti, sebuah anugerah dari Prabu Jayanegara menjadikan namanya menjadi Rakrian Dharma Putra Winehsuka.
Dikisahkan pada jaman ini Gajah Mada masih seorang bekel, sebuah pangkat ketentaraan di bawah senopati. Dengan pangkat tersebut Gajahmada menduduki jabatan pimpinan bayangkara, sebuah pasukan khusus yang melindungi istana, raja dan keluarganya.
Seluk beluk kelicikan Ra Kuti di novel ini mengingatkan saya akan tokoh Ramapati dan kelicikan Rawedeng dalam memberontak, bermuka dua beserta segala kelicikannya. Dengan menghasut beberapa temenggung dan beberapa panglima kesatrian Ra Kuti menggulingkan Jayanegara, namun atas kecerdikan Gajah Mada dan bantuan Patih Arya Tadah sang raja dan keluarganya berhasil diselamatkan oleh Gajah Mada dan bayangkaranya, dan terpaksa diungsikan dari istana, istana Bale Manguntur di Mojokerto.
Isi novel kemudian mengisahkan kepiawaian Gajah Mada dalam memimpin bayangkaranya, meloloskan dan mengungsikan Prabu Jayanegara, mendeskripsikan hancurnya tatanan pemerintahan dan masyarakat, mengisahkan dendam kebencian Ra Kuti kepada Gajah Mada dan Jayanegera, serta intrik bayangkara disusupi pengkhianatan yang cukup merepotkan Gajah Mada.
Penulis dengan lancar menceritakan alur kejadian, penuh dengan kosakata kemiliteran pada waktu itu, seperti deskripsi istana, struktur kemiliteran, persenjataan dan taktik perang seperti brubuh, cakrabyuha, diradameta, supit urang dan banyak lagi. Buku ini disarankan untuk dibaca oleh Brigjen (purnawirawan) H. M. Lintang Waluyo atas faktor-faktor sistem kemiliteran yang diangkat oleh sang penulis.
Bagaimana akhir cerita novel ini? Berhasilkah Gajah Mada dan bayangkaranya mengembalikan kekuasaan Majapahit kepada Jayanegara? Sebuah novel fiksi sejarah yang tak kalah menarik dari Arok Dedes dan Arus Balik-nya Pramoedya Ananta Toer.

Creating by : satriamandala

satriamandala anda sedang membaca artikel tentang Langit Kresna Hariadi ( Gajah Mada ). Oleh satriamandala, Anda diperbolehkan mengcopy-paste atau menyebar luaskan artikel diatas, namun sertakan juga link dibawah ini sebagai sumbernya artikel yang anda buat.

:: design @ by SM ::

Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Tinggalkan Jejakmu, Tanpa Iklan, Pornografi dan Sara :)

ː̗̀☀̤̣̈̇ː̖́ː̗̀☀̤̣̈̇ː̖́.[̲̅̅M][̲̅̅E][̲̅̅R][̲̅̅P][̲̅̅A][̲̅̅T][̲̅̅I]ː̗̀☀̤̣̈̇ː̖́ː̗̀☀̤̣̈̇ː̖́.[̲̅̅P][̲̅̅U][̲̅̅T][̲̅̅I][̲̅̅H]ː̗̀☀̤̣̈̇ː̖́ː̗̀☀̤̣̈̇ː̖́
ː̗̀☀̤̣̈̇ː̖́ː̗̀☀̤̣̈̇ː̖́.ː̗̀☀̤̣̈̇ː̖́.♥♥♥[̲̅̅By@Satriamandala.disc]♥♥♥ː̗̀☀̤̣̈̇ː̖́ː̗̀☀̤̣̈̇ː̖́ː̗̀☀̤̣̈̇ː̖́

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : design.art | |
Copyright © 2013. satriamandala.disc - All Rights Reserved
Template Created by Design Website Published by satriamandala.design
Proudly powered by Blogger