Budidaya Rosela Merah | satriamandala

Thursday, July 23, 2015

Budidaya Rosela Merah

Budidaya Tanaman - satriamandala, Rosela merah adalah tanaman yang memiliki banyak manfaatnya baik dari segi hiburan, hiasan, obat dan minuman, rosela merah ini banyak disukai oleh banyak kalangan, terutama satriamandala sendiri, karena saya tidak memiliki peralatan yang canggih, maka rosela merah hanya dapat saya konsumsi sebagai Teh Rosela.
bisa juga dibuat sirup rosela yang memiliki banyak khasiat dan manfaatnya.

Budidaya Rosela Merah
Budidaya Rosela Merah
Rosela merah selain dapat dijadikan minuman hangat maupun dingin, rosela merah juga termasuk di dalam kategori Obat HERBAL, yang dapat bermanfaat dalam menyembuhkan dan meringankan berbagai macam penyakit yang ada, misalnya : Dapat menurunkan penyakit asam urat, peradangan sendi, merangsang selera makan, penawar luka, meningkatkan daya ingat, enurunkan darah tinggi, melancarkan buang air kecil, mempercepat pecahnya darah beku, menghancurkan lemak, menurunkan kolestrol, melangsingkan tubuh, mengurangi kecanduan merokok, dan masih banyak lagi manfaat dan khasiat serta manfaat dari Rosela merah ini.

Dari judul diatas anda akan satriamandala ajak untuk membudidayakan rosela merah, namun satriamandala hanya membudidayakan dalam skala rumahan / dalam POT, bukan dalam skala besar / pertanian, namun jika anda ingin membudidayakan rosela merah dalam skala pertanian anda dapat melakukannya dengan insiatif anda sendiri karena budidaya rosela merah ini sanagat sederhana dan tidak sulit.

Benih :
Benih yang digunakan untuk menanam adalah dari buah rosela itu sendiri, yakni buah yang sudah tua kita ambil dan ambil bijinya, dijemur hingga kering, dan jadilah biji benih, atau anda dapat membelinya pada toko - toko yang menjualnya.

Pembibitan :
Saat benih sudah ada, anda dapat menaburkannya kedalam sebuah pot lembab / basah, tunggu hingga 1/ 2 minggu anda akan mendapatkan bibit rosela merah yang dapat anda pindahkan kelahan yang luas / dalam pot yang lebih besar.

Penanaman :
Jika anda ingin menanam dalam pot sebaiknya tanamlah 2 batang, untuk menjaga agar lebat dan jika satu mati, satunya masih hidup.
Jika anda menanam dipekarangan / dikebun sebaiknya berilah jarak 1/2 Meter hingga 1 meter untuk mendapatkan hasil yang baik dan maksimal.

Masa Panen :
Untuk masa panen bisasanya satriamandala menggunkan sistem musiman, jika hujan akan lebih lama panennya namun hasilnya memuaskan, sekitar 6 hingga 7 bulan.

Untuk musim pansa umur panen hanya 4 hingga 5 bulan saja sejak penanaman.

Cara panen :
Cara panen cukup mudah tinggal petik saja buah yang sudah tua, dan biarkan batangnya hingga tidak tumbuh lagi, biasanya buah rosela akan tumbuh terus hingga batangnya mati.

Penjemuran :
Lebih baik dijemur di panas matahari yang keringnya dapat dihitung hingga hari ke 2 sampai hari ke 4, dapat juga menggunakan open dengan suhu rendah hingga 12 jam pengeringan.

Penyimpanan :
Simpan dalam toples atau tempat tertutup lainnya, untuk menghindari hama :)


Nah semua pasti bisa kan jika langkah - langkahnya seperti diatas :) satriamandala saja bisa masa kalian tidak :)

smdc
satriamandala Updated at:

Be the first to reply!

Post a Comment

Tinggalkan Jejakmu, Tanpa Iklan, Pornografi dan Sara :)

ː̗̀☀̤̣̈̇ː̖́ː̗̀☀̤̣̈̇ː̖́.[̲̅̅M][̲̅̅E][̲̅̅R][̲̅̅P][̲̅̅A][̲̅̅T][̲̅̅I]ː̗̀☀̤̣̈̇ː̖́ː̗̀☀̤̣̈̇ː̖́.[̲̅̅P][̲̅̅U][̲̅̅T][̲̅̅I][̲̅̅H]ː̗̀☀̤̣̈̇ː̖́ː̗̀☀̤̣̈̇ː̖́
ː̗̀☀̤̣̈̇ː̖́ː̗̀☀̤̣̈̇ː̖́.ː̗̀☀̤̣̈̇ː̖́.♥♥♥[̲̅̅By@Satriamandala.disc]♥♥♥ː̗̀☀̤̣̈̇ː̖́ː̗̀☀̤̣̈̇ː̖́ː̗̀☀̤̣̈̇ː̖́

 
back to top